Sebuah cerita tentang seorang Pandu yang dirinya menginspirasi kepanduan menyebrang samudra Atlantik,..

Ibukota Inggris tergenggam dalam kabut pekat. Ia menyapa dan memeluk erat kota di malam hari dan melingkupinya dalam asap kekuningan. Lampu jalanan dinyalakan sebelum sore. Sinar lemahnya remang-remang hanya mampu menembus beberapa kaki saja.

Seorang Amerika berjalan perlahan di bawah keremangan jalan, berhenti di tiang lampu dan berusaha mencari tahu di mana ia sekarang. Tak salah lagi, ia tersesat.
Sesosok anak melewatinya. Ia kemudian berbalik.
“Adakah yang bisa saya bantu?” Tanya anak itu.
“Tentu saja ada.” kata pria itu. “Saya harus mengikuti pertemuan di suatu tempat di dekat sini. Saya akan berutang banyak jika kamu bisa menunjukkan jalan ke sana.”
“Jika anda memberi saya alamatnya, saya akan membawa anda ke sana.”
Ketika mereka sampai di tujuan si Amerika merogoh sakunya untuk mengambil uang. tetapi anak itu menghentikannya.
“Cukup tuan, saya tidak meminta apapun untuk membantu anda.”
“Mengapa?” kata si Amerika.
“Karena saya adalah seorang Pandu! Tak pernahkah anda mendengar tentang Pandu Baden-Powell?”
Orang Amerika tersebut tidak punya pengetahuan apa-apa tentang Pandu. “Beritahu aku,” katanya.
Anak itu menceritakan apa yang bisa ia dan pandu-pandu lainnya lakukan dan kegembiraan dalam kepanduan.
Tapi orang Amerika tersebut ingin tahu lebih jauh lagi.
“Aku tahu dimana anda bisa mencari tahu lebih jauh,” kata anak itu. “Kwartir kami berada di dekat sini, di jalan Victoria. Jendral sendiri mungkin ada di sana hari ini.”
“Jendral?”
“Baden-Powell sendiri tuan.”
“Baiklah,” kata orang Amerika tersebut. “Saya selesaikan dulu urusan saya. Dan jika kamu punya waktu kita bia pergi ke Kwartirmua.”
Si anak menunggu sebentar, kemudian menunjukkan jalan menuju Kwartir Pandu, dan menghilang sebelum orang Amerika tersebut sempat mengetahui namanya.

Konon si orang Amerika tersebut adalah William Boyce, seorang pengusaha koran dan penerbitan terkemuka di Amerika Serikat. Pertemuannya dengan sang jendral menginspirasinya untuk mendirikan organisasi serupa di negerinya. Sejak 8 Februari 1910 berdirilah organisasi kepanduan Amerika Serikat, dan si Pandu tak dikenal tersebut terus dikenang.

Di sadur dari Scouting Spirit.

