Ini adalah tulisan ketiga saya mengenai pemilihan Presiden di Amerika Serikat. Yang pertama adalah protes pribadi saya mengenai betapa populernya Ron Paul di WordPress, bahkan saya mencurigai adanya “Republican Bias.” Yang kedua adalah tulisan saya yang menyatakan “Jangan ikut Pesta Orang!” Setidaknya say ingin melanjutkan apa yang saya nyatakan sebelumnya, kedua kandidat dari partai utama Amerika Serikat itu sama saja, saya baru gembira jika Nader menang.

Saya terangkan posisi saya terhadap kandidat-kandidat tersebut. Pertama Ron Paul, seorang konservatif dalam arti ia hanya memandang Amerika sesuai konstitusi. Ia menginginkan Amerika Serikat keluar dari semua perjanjian dan pakta dengan negara asing. Ia tidak ingin Amerika turut campur urusan Nasional negara lain karena tidak ingin kedaulatan Nasionalnya dicampuri oleh negara lain. Tampaknya pilihan sikapnya akan menyenagkan kita. Sma sekali tidak! Ia terlalu naif. Kepentingan Amerika ada di mana-mana, termasuk gaya hidup yang ia jalani berasal dari sumber daya yang tersebar di dunia.

Mengenai Mccain dan Obama saya gambarkan melalui kartun Andy Singer ini dan ini. Sebuah gambar lebih berharga dari seratus ribu kata. Kedua kandidat tidaklah terlalu berbeda. Jika kita membaca Stupid Whitemen karya Michael Moore kita akan tahu, terkadang orang-orang di Partai Demokrat tidaklah berbeda dengan Republican. Lihat saja Bill Clinton. Ia menyebut dirinya New Democrat, bukanlah demokrat yang biasa. Republican in diguise! Oleh karena itu kedua kandidat sebenarnya memiliki kebijakan yang tidak terlalu berbeda. terus mensubsidi pertanian AS, mensubsidi Israel, jika mungkin menyerang satu negara ‘nakal’, dll, dsb. dst. Semuanya amat bergantung pada sponsor korporat.

Lalu siapa yang bisa membuat kita bernafas lega? Setidaknya Nader mungkin masih seorang aktivis seperti dulu…. (kata Moore tahun 2001)

Iklan