Terbukti, berada dalam bidang tertentu berarti di pundak anda ada sebongkah beban. Anda dianggap ahli tentang segala hal di bidang itu. “Anda kan dokter” adalah kata-kata yang sering diterima oleh dokter yang menyerah untuk mengobati pasien. Baru saja tadi siang hal ini terjadi padaku.

Eh sejarah nya Supriadi kontroversi tu, mana yangner?

sent:
12-Aug-2008
11:50:36

Siang-siang di sms macam ni, mana lagi ngatuk2nya dzuhur pula! Supriadi? Supriadi yang memimpin pemberontakan PETA itu? Emang kenapa lagi dia? Kontroversi sejarah di Indonesia gak selesai-selesai pulakk nih! Eh jangan-jangan ada yang ngaku kalo dia adalah Supriadi? Karena gak bener-bener ngerti bahasa yang dipakenya (silahkan cek, tatabahasa sms di atas! Gak usah komen tentang singkatannya!) aku bales aja kayak gini “Ha??? Siapa Supriadi? Supriadi yang mana?”

Pikiranku jadi makin liar. Kalo bener ada yang ngaku Supriadi, kenapa juga dia ngilang selama ini? Rezim (sialan!) masa lalukah? At5au cuma oportunis? Supriadi PETA, back from oblivion.

Supriadi PETA!! Baca detik.com katany dia msh hdup, n sjarah yg slama ini Qta terima salah,

Sent:
12 Aug 2008
11:56:41

Kalo sejarah  yg slama ini kita terima salah terus kenapa? Kita kan diajari sejarah supaya bener belajar. Belajar bahwa kemerdekaan direbut dengan DARAh, pejuang (tentara) selalu baik, bapak pembangunan itu baik, bapak Proklamasi jadi jahat, PKI itu jahat, dll, dsb, dst. Kita diajari SEJARAH bukan MASA LALU! Ngeh bedanya?

Anyway kita mikirin Supriadi lagi. Aku membalas lagi “Masih idup, brarti ada yang ngaku kalo dia Supriadi? Umurnya jd brapa skrg?  terus slama kmana aja?” kutambah lagi “Just a scepticism…” Ya iyalah, orang yang ngilang semasa Jepang, udah gitu dikasi jabatan selama Revolusi FIsik (please dont call it perang kemerdekaan anymore!) gak nongol-nongol. Udah dikasi gelar pahlawan pula! Ngillang selama 60 taun lebih dan baru ngaku sekarang? Kemana aja bung? Di gunung, taku ketemu Jepang?

Kan aku nggak tw makany nanya, minta pndapat org sjarah, yah, terserah siy

Sent:
12 Aug 2008
12:01:58

GEDUBRAK!!! My dear… Jadi kamu memintaku untuk memberi secercah cahaya dan aku memberi pertanyaan yang buatmu sulit? Ku balas lagi “Yee aku kan jg g tw ceritanya makanya aku kasih ptunjuk biar g tersesat” Pertanyaan yang agak konyol mungkin, tapi penting. Karena di zaman kayak gini kita susah percaya siapa-siapa.

-_-a, jd males sms kamu,

sen:
12 Aug 2008
12:07:51

Yah mutung deh nih anak! By the way, anyway, busway, cari aja di detik.com “Misteri Supriadi” kalo beruntung mungkin dapet berita yang bener. Temen-temen ku harap bisa skeptis.

Kenapa Supriadi? Persis kayak “Harta Karun Bung Karno” dll ini adalah salah satu hal yang dianggap gaib buat orang Indonesia (baca: Jawa, pulau Jawa bukan suku Jawa). Temen-temen kalo melihat apa yang terjadi mungkin akan berkata, “peduli apa kempetai untuk mengungkap di mana Supriadi mereka bunuh?” Lain juga tentang ketika Supriadi diminta jadi pimpinan TKR. Dia sama sekali kagak muncul! Kalo dia bener masih hidup dan tidak menjawab panggilan itu apa namanya? Desersi? Jelas, tapi itu juga berarti pengkhianatan!

Nah bandingkan Supriadi dengan Tan Malaka, Pahlawan Nasional kita yang satu ini jelas tidak pernah sembunyi terlalu jauh dari dunia umum. Dia ada, meski tidak diketahui keberadaannya. Dia benar-benar memimpin pergerakan oposisi pemerintah. Bahkan ada yang menyebut ia adalah orang yang dipersiapkan Soekarno pada masa Revolusi Fisik untuk menggantikannya. Yah, sesama murid HOS Tjokroaminoto. Kematiannya memang tak diketahui, tetapi jelas. Dibunuh Militer! (Makanya sebaiknya jangan terlalu percaya militer, sampai masa 98 mereka merasa berhak menculik dan menghabisi orang tanpa pengadilan)

Kita lihat lagi, siapa ia yang mengaku sebagai Supriadi? Beranikah ia bertemu dengan sesama PETA yang lain? Btw kita selama ini diajari bahwa PETA itu cikal-bakal militer Indonesia, tapi nggal ada yang mengemukakan pendidikan militer pak Harto tuh dari mana aja? Gimana KNIL jaman dulu sebelum Jepang. Fyuh!

Iklan