Review Paper :Towards Reinventing Indonesian Nationalist Historiography

by : Rommel Curamming

Essay ini ditulis oleh Robert Curamming setelah selama sebulan berada di Indonesia dan berinteraksi dengan sejarawan-sejarawan Indonessia saat itu. Essay ini ditulis dengan tujuan mengugkapkan kecenderungan penulisan sejarah Indonesia di kalangan sejarawan Indonesia.

Sebagaimana yang diungkapkan dalam pembuka essaynya ini Robert Curamming mensinyalir bahwa iklim politik yang berubah membawa iklim yang lebih sehat dalam pertumbuhan proyek akademis. Ia juga mencoba mengungkapkan sesuatu yang muncul dalam penulisan sejarah Indonesia karena angin perubahan ini.

Satu fokus penulis adalah historiografi nasional Indonesia dan historiografi nasionalis. Penulisan sejarah telah menjadi bagian dari pembentukan Indonesia. Dengan begitu ini menekankan pengaruh aliran penulisan nasionalis. Selanjutnya ia beralih ke aliran Sartono, aliran penulisan yang menyertakan “orang-orang kebanyakan.” Dua aliran ini adalah aliran yang mempunyai pengaruh dominan terhadap aliran penulisan lainnya (militer, UI, popular). Namun umumnya pendekatan nasionalis masih kurang mendapat perhatian akademis.

Kritik terhadap penulisan sejarah Indonesia hadir dari (dan difokuskan penulis pada) Bambang Purwanto. Kritisisme beliau hadir dari kelemahan metodologis penyulisan sejarah Indonesia yang ia anggap telah gagal beralih dari perhatian pada kolonialisme dan tokoh besar. Kritik lain juga hadir mengemnai kontaminasi politik terhadap sejarah.

Dari tulisan ini kita bisa melihat bahwa ide-ide Sartono mengenai Sejarah Sosial masih mendominansi. Meski karakter penulisan sejarah Indonesia dalam patahan kritis, namun kritisisme yang ada justru akan menghidupkannya penulisan sejarah Indonesia.

Nb: Jika sempat essay aslinya akan saya up-load, jika anda menginginkannya harap hubungi dulu lewat comment.

Iklan